Pengertian Film Dokumenter

Pengertian Film Dokumenter
"Proses Pembuatan Film"

Pada era sekarang ini sob dunia perfilm-an semakin berkembang adapun beberapa genre yang popular diantaranya ialah ada Action,  Horror,  Comedy,  Drama, Documenter dan lain-lain. Nah pada kesempatan kali ini Admin akan share nih tentang film documenter, apa sih film documenter itu?
Film Dokumenter merupakan suatu film yang mendokumentasikan suatu fakta atau kenyataan sob. Nah film dokumenter ini di ambil dari kisah nyata misal kehidupan sobat sehari-hari, bisa juga profile perusahaan dan lain-lain.

Nah pada tanggal 8 februari 1926 film dokumenter pertama kali dipakai dalam sebuah film Moana, film tersebut di rilis oleh Robert Flaherty. Jadi film yang menceritakan kejadian yang fakta dan nyata ini disebut dalam film documenter. Film dokumenter juga merupakan rekaman suatu kejadian yang diambil secara live atau langsung pada saat momen nyata berlangsung, dan perlu sobat ketahui bahwa film dokumenter ini tidak terlalu menonjolkan unsur hiburan, tetapi yang menjadi poin penting ialah pesan khusus yang terdapat pada  tema film itu sendiri. Biasanya sob film documenter yang sering kita lihat itu menceritakan kehidupan masyarakat miskin, kesenjangan social yang terjadi dalam suatu negara, dan juga film dokumenter dipakai dalam membuat film biografi suatu tokoh.

Para tokoh terkenal seperti artis, musisi, penyayi dunia yang popular sering juga membuat film dokumenter dengan video dokumentasi hasil konser dan show serta kehidupan sehari-hari yang mereka lakukan, dan masih banyak lagi contoh film dokumenter,  selain artis dan musisi bahkan Atlet olah raga pun sudah banyak  yang didokumentasikan menjadi sebuah film dokumenter, yang menjadi sebuah kisah perjuangan mereka seperti, Ronaldo, Leonel Messi dan lain-lain.

Oke sob setelah kita mengetahui pengertian dari film dokumenter alangkah baiknya jika kita mengetahui juga jenis-jenis dari film dokumenter. Nah kalau begitu berikut jenis-jenisnya.

- Biografi

Biografi ini sendiri berisi potret, biografi dan profile perjalanan hidup seorang tokoh yang terkenal di dunia, tokoh tersebut misalnya Presiden, Menteri, Pengusaha, Artis, Atlet, Musisi dan lain-lain.
Contohnya: This Is It Michael Jackson, Mandela, Salvador Dali.

- Sejarah

Sebuah film yang berisi Peristiwa kejadian yang telah terjadi di masa lampau, film tersebut dapat berupa Perang, Perjanjian dan lain-lain.
Contohnya: Olympia I, Mutiara Dari Timur, Triumph Of The Will.

- Ilmu Pengetahuan

Film dokumenter ini mempuanyai isi tentang Education dan Pendidikan yang memberikan informasi bisa dari bidang teknologi, sains, budaya dan sebagainya.
Contohnya: National Geographic, Discovery Channel.

- Traveling

Berisikan footage laporan  tentang perjalanan lengkap ke lokasi wisata atau lokasi-lokasi tertentu bisa dalam bidang hiburan atau bidang antropologi.
Contohnya: Song Of Ceylon, Nanook Of  The North.

- Investigasi 

Film documenter tentang investigasi dan rekaman penyelidikan  secara jurnalistik suatu kejadian atau suatu kasus yang sedang telusuri dengan maksud agar mengetahui lebih dalam.
Contohnya:  The Act Of Killing, The Thin Blue.

Oke sob itulah tadi pembahasan kita mengenai pengertian film dokumenter beserta jenis-jenisnya semoga bermanfaat, kalau begitu admin undur diri sampai ketemu di artikel berikutnya trima kasih !!!

0 Response to "Pengertian Film Dokumenter "

Post a Comment