Pengertian Film atau Movie

"Proses Pembuatan Film".

Kali ini Admin akan membagikan informasi mengenai Film atau Movie, film tidak asing lagi di telinga kita, film selalu ditunggu-tunggu oleh setiap penggemarnya, nah bagi sobat yang belum tau mengenai film atau movie berikut pembahasannya.

Film adalah karya seni yang berupa serangkaian gambar hidup yang kemudian diputar sehingga menciptakan sebuah ilusi gambar bergerak yang disajikan dalam bentuk hiburan. Ilusi yang di hasilkan oleh serangkaian gambar tersebut akan menghasilkan gerakan yang continue berupa video. Film juga sering disebut dengan movie atau moving picture. Film ialah wujud seni modern dan popular yang diproduksi untuk kebutuhan atau kepentingan bisnis dan hiburan. Produksi film sendiri sekarang telah menjadi industri besar yang popular di seluruh dunia, film-film lebar-pun selalu ditunggu-tunggu oleh kehadirannya dibioskop-bioskop. Adapun industry film terbesar seperti film Hollywood, Hongkong maupun Bollywood.
Ada dua cara utama dalam membuat sebuah film:

- Pertama ialah dengan melakukan teknik pemotretan dan perekaman dengan kamera film. Cara ini dapat di kerjakan dengan cara melakukan pemotretan gambar atau objek.

- Kedua, dengan melakukan teknik animasi tradisional, cara tersebut dapat dilakukan  lewat animasi grafis computer atau teknik CGI.

Kedua cara tersebut dapat dikombinasikan dengan teknik dan visual efek lainnya. Produksi film sendiri memakan waktu yang cukup lama, selain itu produksi film membutuhkan crew dan job desknya masing-masing, dimulai dari Produser, Sutradara, Sinematografer, Wadrobe, Editor, Visual Effect, Properti, Penata Musik dan masih banyak lagi.

Pengertian dan Definisi Film/Movie

Para pemain yang berperan dalam sebuah film yaitu disebut dengan actor (pria) atau aktris (wanita). Selain aktor dan aktris ada juga aktor viguran yang dipakai sebagai pemeran dalam film dengan peran yang tidak terlalu banyak. Hal tersebut berbeda dengan aktor utama yang mempunyai peran yang lebih besar dan lebih banyak.

Aktor dan aktris harus mempunyai bakat acting yang bagus, sesuai oleh tema film yang mereka bintangi. Adapun beberapa adegan tertentu yang membuat aktor digantikan dengan pemeran pengganti atau disebut juga dengan istilah stuntman. Stuntman ini sangat penting dalam proses pembuatan film sebab stuntman menggantikan actor dalam melakukan adegan-adegan yang berbahaya yang sulit dan ekstrem, yang bisa dijumpai pada film-film action.

Film dapat digunakan dalam media untuk menyampaikan pesan tertentu dari si pembuat film itu sendiri. Biasanya juga perusahaan dan studio juga memanfaatkan film dalam menyampaikan dan mempresentasikan simbol dan budaya mereka, memperkenalkan perusahaan atau studio seperti dengan membuat profile atau dokumenter perusahaan atau studio tersebut.

Pembuatan film ini merupakan bentuk dari pemikiran, Ide, Ekspresi, Konsep, Pengalaman, Perasaan maupun Suasana hati dari seorang manusia  yang divisualisasikan kedalam film. Banyak yang produksi film dengan cerita fiksi, walaupun  ada juga yang berdasarkan fakta atau yang diambil dari kisah nyata atau based on a true story. Namun terkadang film yang diadaptasi dari kisah nyata terkadang juga dirubah sedemikian rupa agar film tersebut mengandung unsur yang lebih dramatis.

Tetapi juga banyak film dokumenter yang pembuatannya diambil secara asli dan nyata, maupun film yang menceritakan kisah seorang tokoh. Tidak hanya genre fiksi maupun documenter tetapi masih banyak lagi subgenre film lainnya seperti Action, Comedy, Fantasi, Horor, Thriller, Drama, Romasntis, Kolosal, dan masih banyak lagi.

Itulah sedikit informasi tentang pengertian film dan Info tersebut dikutip dari berbagai sumber lainnya. Semoga artikel ini dapat membantu sobat sekalian dan dapat bermanfaat, dan semoga manambah wawasan sobat semua, tidak hanya mengerti soal materi tetapi sobat juga dapat memproduksi film itu sendiri.
Oke kalau gitu sekian artikel dari admin sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya.
Trima Kasih !!!

0 Response to "Pengertian Film atau Movie"

Post a Comment